Jumat, 20 November 2015

BERMACAM MACAM IBADAH DALAM ISLAM

Asalamualaikum Wr. Wb


Pada kesempatan yang baik ini, penulis ingin sedikit berbagai temtang Bermacam Macam Ibadah Dalam Islam. Sebagaimana kita ketahui bahwa kta sebagai umat muslim harus dapat menjaga ibadah kita kepada Sang Pencipta sehingga timbuk kedekatan kita kepada Alla Swt dan kita pun terus berproses dalam kehidupan sesuai perintahNya sesuai yang terkandung di dalam al-Quran yaitu tugas kita adalah melaksanakan ibadah sebagat tanda mengabdikan diri kepada Allah Swt sekaligus merupakan tugas sebagai khalifah-Nya dalam makna mentadbir dan mengurus bumi ini mengikut undang-undang Allah dan peraturan- Nya. Firman Allah swt : “Dan Aku Tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah (menyembah) kepada Ku”. (Az-Zaariyaat: 56)

 


Lagi Firman Allah swt bersabda : “Dan Dialah yang menjadikan kamu khalifah (penguasa-penguasa) di bumi dan Dia meninggikan sebahagian kamu atas sebaha-gian (yang lain) beberapa darjat untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu”. (al-An’aam: 165)


Adapun pembagian Ibadah yang berhubungan dengan ibadah, maka para ulama-ulama Islam membagi kelompok ibadah menjadi 2 bagian penting, yaitu sebagai berikut :

  1. Ibadah khusus, yaitu berupa semua amalan yang tercantum dalam bab al-Ibadaat yang utamanya ialah sembahyang, puasa, zakat dan haji 
  2. Ibadah Umum, yaitu segala amalan dan segala perbuatan manusia serta gerak-gerik dalam kegiatan hidup mereka yang memenuhi syarat-syarat berikut:
  • Amalan yang dikerjakan itu di akui oleh syarak dan sesuai dengan Islam. 
  • Amalan tersebut tidak berbeda dengan syariat, tidak zalim, khianat dan lain sebagainya.
  • Amalan dikerjakan dengan niat yang ikhlas semata-mata keranaAllah swt, tidak riak, ujub dan um’ah.
  • Amalan itu dikerjakan dengan bersunggguh-sungguh. 
  • Tidak lalai dalam melakukan amalan tersebut atau mengabaikan berbagai kewajiban ibadah khusus seperti sembahyang dan in sebagainya. Seperti Firman Allah swt bersabda: “Lelaki yang tidak dilalaikan mereka oleh perniagaan atau jual beli dari mengingati Allah, mendirikan sembahyang dan mengeluarkan zakat mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang”. (An- Nur: 37)

Menurut pengertian lain membahas bahwa adapun ibadah terbagi menjadi beberapa bagian penting yaitu ibadah hati, lisan, dan anggota badan. Dalam ibadah kiranya menyertai beberapa hal berikut ini seperti : Rasa khauf (takut), raja’ (mengharap), mahabbah (cinta), tawakkal (ketergantungan), raghbah (senang), dan rahbah (takut) adalah ibadah qalbiyah (yang berkaitan dengan hati). Sedangkan tasbih, tahlil, takbir, tahmid dan syukur dengan lisan dan hati adalah ibadah lisaniyah qalbiyah (lisan dan hati). Sedangkan shalat, zakat, haji, dan jihad adalah ibadah badaniyah qalbiyah (fisik dan hati). Serta masih banyak lagi macam-macam ibadah yang berkaitan dengan amalan hati, lisan dan badan.

Ibadah inilah yang menjadi tujuan penciptaan manusia. Allah berfirman:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ مَا أُرِيدُ مِنْهُم مِّن رِّزْقٍ وَمَا أُرِيدُ أَن يُطْعِمُونِ إِنَّ اللَّهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ 
“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku. Aku tidak menghendaki rizki sedikit pun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi makan kepada-Ku. Sesungguhnya Allah Dia-lah Maha Pemberi rizki Yang mempunyai kekuatan lagi sangat kokoh.” [Adz-Dzaariyaat: 56-58]

   Bermacam Macam Ibadah


Dalam suatu pelaksanaan kegiatan ibadat atau ibadah terdapat beberpa yang cukup beragam tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Adapaun Bermacam Macam Ibadah Dalam Islam dapat kami rangkai sebagai berikut :

Ibadah dari segi umum dan khusus, terbagi menjadi dua macam:
  • Ibadah Khoshoh adalah ibadah yang aturannya ditetapkan dalam nash (dalil/dasar hukum) yang jelas, yaitu sholat, zakat, puasa, dan haji; 
  •  Ibadah Ammah adalah semua perilaku yang baik yang dilakukan semata-mata karena Allah SWT (contohnya : bekerja, makan, minum, dan tidur), sebab semua itu untuk menjaga kehidupan serta kesehatan badani dalam pengambian kita kepada Sang Pencipta..

Ibadah dari segi kepentingan perseorangan atau masyarakat, maka dapat terbagi menjadi dua macam:
  • ibadah wajib (fardhu) yaitu sholat dan puasa; 
  • ibadah ijtima’i, yaitu zakat dan haji.
Ibadah dari segi tata pelaksanaannya, maka dapat dibagi menjadi tiga bagian:

  • ibadah jasmaniyah dan ruhiyah (sholat dan puasa) 
  • ibadah ruhiyah dan amaliyah (zakat) 
  • ibadah jasmaniyah, ruhiyah, dan amaliyah (berangkat haji)

Ibadah dari segi segi bentuk dan sifatnya, ibadah dibagi menjadi:
  • ibadah yang berupa pekerjaan tertentu dengan perkataan dan perbuatan, seperti sholat, zakat, puasa, dan haji; 
  • ibadah yang berupa ucapan, seperti membaca Al-Qur’an, berdoa, dan berdzikir; 
  • ibadah yang berupa perbuatan yang tidak ditentukan bentuknya, seperti membela diri, menolong orang lain, mengurus jenazah, dan jihad; 
  • ibadah yang berupa menahan diri, seperti ihrom, berpuasa, dan i’tikaf (duduk di masjid) 
  • ibadah yang sifatnya menggugurkan hak, seperti membebaskan utang, atau membebaskan utang orang lain.

 Demikianlah artikel ini semoga dapat menambah wawasan kita dalam hal Bermacam Macam Ibadah Dalam Islam. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita. Kami mengharapkan kritik dan saran sehingga dapat membangun.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar