Selasa, 17 November 2015

Pengertian Islam

Assalamualaikun Wr. Wb.



Pada kesempatan ini, kami penulis ingin berbagai tentang Pengertian Islam. Sebagai kaum muslim, maka sdh sepantasnya kita dapat memahami secara mendalam tentang islam dan tidak hanya secara umum saja. Sehingga dari dasar ini, kita memiiki kecakapan pengetahuan sehingga dapat menambah akidah kita.

Nah, Islam adalah salah satu dari beberapa agama yang sangat unik, karena islam adalah agama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw sebagai nabi dan rasul-Nya untuk menjadi pedoman hidup bagi seluruh umat manusia hingga akhir zaman.

Ada beberapa tentang Pengertian Islam secara umum. Pengertian Islam dari segi kebahasaan, maka kata atau istilah Islam berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata salima yang artinya adalah selamat, sentosa, dan damai. Nah dari kata salima tersebut selanjutnya diubah menjadi bentuk aslama yang berarti berserah diri masuk dalam kedamaian sebagaimana firman Allah SWT:
“Bahkan, barangsiapa aslama (menyerahkan diri) kepada Allah, sedang ia berbuat kebaikan, maka baginya pahala di sisi Tuhannya dan tidak ada kekhawatiran
terhadap mereka dan tidak pula bersedih hati” (Q.S. 2:112).


Hal itu juga sangatlah sesuai dengan apa yang dikatakan oleh seorang tokoh yang bernama Hammudah Abdalati. Menurut beliau, kata istilah atau kata “Islam” berasal dari akar kata Arab, SLM (Sin, Lam, Mim) yang berarti kedamaian, kesucian, penyerahan diri, dan ketundukkan

Nah dari dasar tersebut, maka orang yang berserah diri, patuh, dan taat kepada Allah swt akan disebut sebagai orang Muslim. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa istilah kata Islam dari segi ketatabahasaan mengandung arti patuh, tunduk, taat, dan berserah diri kepada Allah Swt  dalam upaya mencari keselamatan dan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Bahkan menurut Abdalati, mengemukanan pendapat dari segi atau sisi religius adalah Islam merupakan "penyerahan diri kepada kehendak Tuhan dan ketundukkan atas hukum-Nya" (Submission to the Will of God and obedience to His Law). Dan yang perlu diingat dan menjadi poin penting adalah hal tersebut harus dilakukan atas kesadaran dan kemauan diri sendiri, bukan paksaan atau bahkan secara berpura-pura, melainkan sebagai panggilan dari fitrah dirinya sebagai makhluk yang sejak dalam kandungan telah menyatakan patuh dan tunduk kepada Allah Swt sebagai Sang Pencipta.

Berikut ini terdapat beberapa pendapat umum yang membahas  akar kata yang membentuk kata “Islam” setidaknya ada empat yang berkaitan satu sama lain.

  1. Aslama. Artinya menyerahkan diri. Orang yang masuk Islam berarti menyerahkan diri kepada Allah SWT. Ia siap mematuhi ajaran-Nya.
  2. Sallama. Artinya menyelamatkan orang lain. Seorang pemeluk Islam tidak hanya menyelematkan diri sendiri, tetapi juga harus menyelamatkan orang lain (tugas dakwah atau ‘amar ma’ruf nahyi munkar). 
  3. Salima. Artinya selamat. Orang yang memeluk Islam, hidupnya akan selamat.
  4. Salam. Aman, damai, sentosa. Kehidupan yang damai sentosa akan tercipta jika pemeluk Islam melaksanakan asalama dan sallama.
Kata Islam dari kata bahasa yaitu al-islām, الإسلام yang artinya adalah "berserah diri kepada Tuhan. Islam adalah suatu agama yang mengimani adanya satu Tuhan yaitu Allah. Bahkan pengikutnya mencapai lebih dari satu seperempat miliar jiwa yang tersebar di seluruh dunia dan ini menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua di dunia setelah agama Kristen. Pengikut ajaran Islam akan disebut dengan istilah muslim yang berarti "seorang yang tunduk kepada Tuhan". Secara lengkap disebutkan adalah Muslimin bagi laki-laki dan Muslimat bagi perempuan.

Menurut seorang yang bernama Maulana Muhammad Ali berpendapat bahwa Islam merupakan sebuah agama perdamaian; dan dikenal dua ajaran pokoknya, yaitu keesaan Allah Swt dan kesatuan atau persaudaraan umat manusia yang menjadi bukti nyata bahwa agama Islam adalah selaras dan benar sesuai dengan namanya. Agama Islam bukan hanya saja dikatakan sebagai agama seluruh Nabi Allah, seperti yang terteradalam Al Qur’an, melainkan juga terhadap segala sesuatu yang secara tak sadar tunduk sepenuhnya pada undang-undang Allah.



Terdapat beberapa makna islam yang cukup terkenal, yaitu adalah :
  1. Islam adalah Ketundukan
  2. Islam adalah Wahyu Allah
  3. Islam adalah Agama Para Nabi dan Rasul
  4. Islam adalah Hukum-hukum Allah di dalam Alquran dan Sunnah.
  5. Islam adalah Jalan Allah Yang Lurus Islam merupakan satu-satunya pedoman hidup bagi seorang muslim.
  6. Islam Pembawa Keselamatan Dunia dan Akhirat

Ditinjau dari segi bahasanya yang dikaitkan dengan asal katanya, Islam memiliki beberapa pengertian, diantaranya adalah:

  1. Berasal dari ‘salm’ (السَّلْم) yang berarti damai.
  2. Berasal dari kata ‘aslama’ (أَسْلَمَ) yang berarti menyerah.
  3. Berasal dari kata istaslama–mustaslimun : penyerahan total kepada Allah.
  4. Berasal dari kata ‘saliim’ (سَلِيْمٌ) yang berarti bersih dan suci.
  5. Berasal dari ‘salam’ (سَلاَمٌ) yang berarti selamat dan sejahtera.

Demikian Pengertian Islam yang kami sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua dan dapat menambah pengetahuan kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar