Jumat, 27 November 2015

SHALAT LIMA WAKTU


Assalamualaikum Wr. Wb.

SHALAT LIMA WAKTU
Pada kesempatan ini, penulis ingin berbagai secara mendalam kepada para sahabat tentang Shalat Lima waktu. Adapun kita telah mengetahui bahwa pentingnya arti dan manfaat dari ibadah, dan dalam islam sangat penting dalam kita melakukan serangkaian ibadah dalam sehari yaitu shalat 5 waktu.  Adapun waktu salat dalam sehari sangat bervariasi berdasarkan tempat atau lokasi. Hal ini disebabkan karena waktu salat dalam islam sangat ditentukan dengan adanya beberapa peristiwa peredaran semu matahari relatif terhadap bumi. Para ahli mengutarakan bahwa secara umum dalam menentukan patokan waktu salat maka diperlukan beberapa hal sebagai faktor penentu seperti letak geografis, waktu atau tanggal, dan ketinggian sehingga menghasilkan urutan waktu salat mulai dari pagi sampai malam adalah sebagai berikut imsak, Subuh, syuruq, Zuhur, Asar, Maghrib dan Isya.

Adapun shalat lima waktu dalam islam merupakan tiang agama ayang harus dialakukan oleh orang muslim karena ibadah shalat lima waktu ini salah satu dari rukun islam yang ke dua dan merupakan shalat yang hukumnya fardhu 'ain atau wajib dan dilaksanakan pada waktu tertentu yang telah ditetapkan dan dilakukan sebanyak lima kali dalam sehari. Adapun Shalat hukumnya wajib dilaksanakan bagi setiap Muslim yang berada pada usia dewasa, kecuali berhalangan karena alasan atau sebab tertentu seperti anak kecil yg belum Baligh / dewasa dan Wanita yang sedang Haid dan Nifas. Di dalam alquran sangat jelas menerangkan bahwa Allah SWT menurunkan perintah untuk melaksanakan shalat lima waktu ini ketika peristiwa Isra' Mi'raj. Adapaun Shalat lima waktu tersebut adalah sebagai berikut dibawah ini:

Shalat Subuh


Dalam shalat subuh, terdiri dari 2 rakaat. Waktu Shubuh diawali dari munculnya fajar shaddiq, yakni cahaya putih yang melintang di bagian timur dan waktu shubuh berakhir ketika ditandai dengan terbitnya matahari. Adapun Bacaan niat dalam melaksanakan ibadah Sholat Subuh secara lengkap itu sendiri adalah sebagai berikut :
SHALAT LIMA WAKTU
Yang artinya adalah : ” Aku berniat sholat fardu subuh dua raka’at menghadap kiblat karena Alloh Ta’ala“

Shalat Zuhur


Ibadah ini terdiri dari 4 rakaat. Adapun waktu ibadah Zhuhur dimulai ketika matahari telah condong ke arah bagian barat, dan akan berakhir ketika masuk waktu ibadah Asar atau akan berakhir waktunya ketika bayangan suatu benda telah sama panjang dengan benda itu.
Adapun Bacaan niat dalam melaksanakan ibadah Sholat Dhuhur secara lengkap adalah sebagai berikut :
SHALAT LIMA WAKTU
Yang artinya adalah : ”Aku berniat sholat fardu Dhuhur 4 (Empat) Raka’at menghadap kiblat karena Alloh Ta’ala“

Shalat Asar

Shalat Asar terdiri dari 4rakaat. Adapun waktu shalat Ashar dimulai ketika panjang bayangan benda melebihi panjang benda itu sendiri. Khusus untuk madzab Imam Hanafi, waktu Ahsar dimulai jika panjang bayangan benda adalah dua kali melebihi panjang benda itu sendiri, dan waktu shalat Asar akan berakhir dengan terbenamnya matahari.
Adapun Bacaan niat dalam melaksanakan ibadah Sholat Asar secara lengkap adalah sebagai berikut :
SHALAT LIMA WAKTU

Yang artinya adalah : ”Aku berniat Sholat Fardu ‘Ashar 4 (empat) Raka’at menghadap kiblat karena Alloh ta’ala”

Shalat Magrib

Adapun ibadah shalat Magrib terdiri dari 3 rakaat. Waktu dimuali ibadah Shalat Magrib dimulai saat terbenamnya matahari, dan akan berakhir dengan masuknya waktu Shalat Isya.
Adapun Bacaan niat dalam melaksanakan ibadah Sholat Magrib secara lengkap adalah sebagai berikut :
SHALAT LIMA WAKTU
 Yang artinya adalah : ” Aku berniat sholat fardu Maghrib 3 (tiga) raka’at menghadap kiblat karena Alloh ta’ala “

Shalat Isya

Adapun Shalat Isya terdiri dari 4 rakaat dan waktu dimulainya shalat Isya ditandai dengan hilangnya atau berakhirnya cahaya merah (syafaq) di langit bagian barat dan akan berakhir hingga terbitnya fajar shaddiq keesokan harinya. Menurut Imam Syi'ah, Shalat Isya boleh dilakukan setelah mengerjakan Salat Magrib.
Adapun Bacaan niat dalam melaksanakan ibadah Sholat Isya secara lengkap adalah sebagai berikut :
SHALAT LIMA WAKTU
Yang artinya adalah : ” Aku berniat Sholat fardu ‘isya 4 (empat) Raka’at menghadap kiblat karena Alloh Ta’ala “.

Sebagai Umat Muslim, tugas dan peran kita adalah saling mengingatkan atau memberi nasehat beruap dakwah baik secara langsung maupun tak langsung. Nah secara tak langsung biasanya orang menyapaikan pesan lewat baju kaos islam yang banyak di gemari di zaman sekarang karena cukup orang membaca dari tulisannya saja dan yang lebih keren sekarang diaman anak2 menggunakan tas muslim yang bertuliskan dan berbentuk sangat unik, biasanya saya mensearching dengan keyword Jual Tas AnakMuslim biasanya akan muncul d google dan teman-teman dapat memilih model dan apapun yang digemari dan biarkan anak muali dari kecil terbiasa dalam berdakwah. Kita juga dapat menggunakan media sosaial dalam mensharing berita seperti Artikel tentang islam ataupun tentang Bermacam Macam Ibadah Dalam Islam dan lain sebagainya.
Adapun sebagai catatan penting bahwa khusus untuk hari Jumat, dimana setiap laki-laki muslim wajib melaksanakan ibadah Shalat jumat di masjid secara berjamaah atau secara bersama-sama sebagai pengganti ibadah Shalat Zhuhur. Adapun ibadah Shalat Jumat hukumnya tidak wajib dilakukan oleh kaum wanita atau kaum hawa, atau bagi setiap laki-laku muslim yang sedang dalam melakukan perjalanan atau disebut musafir.

Demikianlah tentang Shalat Lima Waktu yang dapat kami bagikan. Kami sangat berharap para sahabat dapat mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar