Senin, 23 November 2015

MANFAAT IBADAH DALAM ISLAM

Assalamualaikum Wr. Wb.

MANFAAT IBADAH DALAM ISLAM
Pada kesempatan kali ini, saya ingin sedikit berbagi tentang manfaat ibadah dalam islam. Seperti yang kita ketahui bahwa ibadah merupakan tugas dan kewajiban kita sebagai manusia. Bahkan kita senantiasa diingatkan oleh orang tua kita sejak kecil dalam kewajiban kita untuk beribadah karena ada begitu banyak pesan yang berguna bagi kita sebagai manusia dalam menjalani proses kehidupan. Dalam proses kehidupan, tentunya begitu banyak tantangan yang dihadapi sehingga kita memerlukan pendekatan kepada Sang Pencipta melalui kegiatan ibadah.


Adapun ibadah merupakan sebuah kata yang diambil dari bahasa Arab yang memiliki arti yang sesuai dan tersirat di dalam Al-Qur'an, maka pengertian ibadah dapat dipamahi atau dapat diartikan sebagai berikut :
  1. Manusia itu diciptakan oleh Allah SWT untuk menghamba kepada Allah, atau dengan kata lain beribadah kepada Allah (Adz-Dzaariyaat QS. 51:56). 
  2. Manusia yang menjalani kehidupan beribadah kepada Allah itu tiada lain adalah manusia yang berada pada shiraathal mustaqiem atau jalan yang lurus (Yaasiin QS 36:61). 
  3. Sedangkan manusia yang berpegang teguh kepada apa yang diwahyukan Allah, maka ia berada pada shiraathal mustaqiem atau jalan yang lurus (Az Zukhruf QS. 43:43).
Adapun pengertian tentang ibadah secara lebih lengap adalah sesuai oleh pendapat seorang tokoh bernama Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah. Dia rahimahullah mengatakan, “Ibadah adalah suatu istilah yang mencakup segala sesuatu yang dicintai Allah dan diridhai-Nya, baik berupa perkataan maupun perbuatan, yang tersembunyi (batin) maupun yang nampak (lahir). 

Setelah memahami tentang pengertian ibadah, maka kita tidak ingin manusia kemudian hanya menjadlani proses ibadah sebagai suatu pelaksanaan yang rutinitas tanpa adanya pemahanan atau esensi dasar dari ibadah tersebut sehingga penulis mencoba untuk membahas tentang manfaat dari ibadah yang kita lakukan. Adapun berbagai macam kegiatan ibadah yang kita lakukan atau sudah lakukan, maka hal tersebut juga tidak akan terlihat manfaatnya secara langsung di dunia ini, karena kegiatan ibadah yang kita lakukan itu ibaratnya seperti halnya makanan,minuman ataupun bantuan orang  lain terhadap kita dimana makanan ataukah minuman serasa tidak berguna bagi kita ketika kita dalam keadan kenyang. Akan tetapi makanan atau minuman tersebut sangat berguna bagi kita ketika kisa sedang dalam keadaaan kondisi kelaparan dan kehausan, dan seperti itulah manfaat dari beribadah kepada Allah SWT.

Ibadah yang kita lakuakn juga tidak akan secara wah langsung mendatangkan kekayaan kepada kita yang beribadah dan juga tentunya tidak dapat di lihat manfaatnya secara langsung di dunia, engapa  karena Allah SWT telah menjamin kehidupan kepada semua makhluk ciptaanya yang beribadah kepada Allah selama hidup didunia. Nah sekarang sungguh jelas bahwa ibadah yang kita lakukan tidak bermanfaat di dunia ini akan tetapi ibadah itu akan berharga bagi kita ketika kita mengalami kematian sebagai akhir dari proses kehidupan dan menuju ke akhirat kelak sebagaimana firman Allah SWT :

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَالَّذِينَ هَادُوا وَالنَّصَارَىٰ وَالصَّابِئِينَ مَنْ آمَنَ بِاللَّـهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَعَمِلَ صَالِحًا فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ
 عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ 


"Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati."

Salah satu hal dimana manusia seringkali gagal dalam memahami hakikat ibadah adalah ketika mempelajarinya dan dalam proses melaksanakannya. Adapun pendekatan dalam kita belajar beribadah sebaiknya tidak dalam  pendekatan kewajiban atau beban, tetapi melalui pendekatan fungsi dan manfaat agar ibadah menjadi kebutuhan.

MANFAAT IBADAH DALAM ISLAM


Adapun  Manfaat Ibadah Dalam Islam adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai kebahagiaan dan kesenangan hidup yang hakiki di dunia dan akhirat. 
  2. Sebagai solusi dalam menghadapai masalah. 
  3. Sebagai pendekatan diri kepada Allah 
  4. Sebagai Bentuk ketaatan 
  5. Sarana bersyukur kepada Allah SWT 
  6. Sarana menabung amal sholeh 
  7. Menambah keimanan kita
  8. Bertobat 
  9. Bentuk terimakasih kepada orangtua dari seorang anak dengan cara mendoakan orang tua.
Setelah kita mengetahui manfaat ibadah tersebut diatas, maka tugas kita adalah menyampaikannya kepada sesama kita baik dean cara langsung maupun tidak langsung. Ada berbagai macam cara unik di era modern seperti sekarang yang didukung oleh kecanggihan teknologi dan lingkup pergaulan yang berbeda, dimana kita dapat menyampaikan pesa tersebut lewat berbagai media yang ada seperti media sosial contohnya. Ada berbagai pesan yang teman-teman dapat bagikan seperti Artikel Tentang Islam, ataukah Tentang Khutbah Jumat dan lain sebagainya.

Kita juga dapat menyampaikan pesan dengan cara yang sederhana dengan menggunakan kaos muslim dimana sekarang begitu maraknya penjualan yang berhubungan dengan Jual Kaos Muslim dan lain sebagainya.

Demikianlah penulis merangkum tentang Manfaat Ibadah Dalam Islam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menjadikan kita sebagai manusia yang lebih baik dan membawa dampak kepada sesame atau orang lain disekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar